• Breaking News

    Rabu, 08 Februari 2017

    Apa itu gitar?

    Gitar merupakan alat musik yang terbuat dari kayu dan memiliki 6 senar yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut bahasa, gitar berasal dari Bahasa Inggris (Guitar), Bahasa Jerman (Gittare), Bahasa Prancis (Guittare), dimana kesemuanya itu diadopsi dari Bahasa Spanyol (Guittara). Konon Gitar juga diadopsi dari Bahasa Arab Andalusia (Qitara) dan Persia (Sitar) (Embis, 2011).
    Sebelum kita mengenal bentuk gitar yang sekarang ini,  gitar mengalami berbagai perubahan dalam bentuk dan jumlah senarnya. Alat musik yang mirip gitar telah tercatat pada Bangsa Babilonia pada sekitar 1900 SM, alat musik tersebut dinamakan Tambur, kemudian pada masa kejayaan Persia pada tahun 1500 SM, tanbur tersebut dimodifikasi dan berubah nama menjadi Sitar, setelah masa itu sitar tersebut dikembangkan oleh Bangsa Yunani dan dibawa oleh Bangsa Romawi ke Spanyol, hal ini terjadi pada sekitar tahun 400 SM.
    Nah, pada awalnya pada abad 15 gitar masih memiliki 4 senar, hal ini  menjadi inspirasi Bangsa Spanyol dalam menciptakan sebuah alat musik baru, yaitu alat musik dengan memainkan dengan cara digesek, yaitu violin. Kemudian pada Zaman Reneisans gitar 4 senar sempat hilang dan jarang dimainkan oleh Bangsa Spanyol, namun pada Abad 17 Gitar kembali muncul karena beberapa karya yang diciptakan Alonso Mudarra, sejak muncul kembali gitar pada zaman tersebut, perkembangan anatomi gitar kian pesat, yaitu mengalami perubahan menjadi 5 senar dengan masing-masing senar double, dan terakhir berkembang kembali menjadi gitar 6 senar yang kita kenal sekarang ini.
    Ok Guys,,sementara itu saja informasi mengenai gitar dan sejarahnya..

    http://blokkaumnaturalis.blogspot.com/2011/11/apa-itu-gitar.html

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel